Tips SEO: Optimasi Penggunaan Meta Tag

tips seo optimasi penggunaan meta tag, cara optimasi meta tag


Definisi Meta Tag

Meta tag sebagai elemen web berfungsi menyajikan metadata (informasi) untuk setiap dokumen HTML (konten), tetapi tidak terlihat / ditampilkan langsung pada halaman web.

Informasi metadata itu digunakan oleh browsers untuk memuat halaman konten (to display content and reload page), mengidentifikasi kata kunci (keyword search), merangkum isi konten, mempermudah halaman hasil pencarian (Search Engine Result Page SERP) dan layanan web lainnya. Seluruh informasi metadata tersebut biasanya diletakkan di bawah elemen head.



Penjelasan:

1. Berfungsi untuk mendeskripsikan isi konten (artikel/tulisan) dalam halaman web (web page)




2. Berfungsi untuk mengidentifikasi keywords yang ada dalam artikel




3. Berfungsi untuk menjelaskan siapa penulis konten (author's name)




Penggunaan Meta Tag untuk SEO

Ada 2 jenis meta tag paling penting dalam mengoptimasi web page di mesin pencarian yaitu, Meta Tag Description dan Meta Tag Keyword. Search Engine seperti Google akan menempatkan halaman web pada direktori pencarian dengan memanfaatkan informasi metadata yang terdapat dalam Meta Tag Description, dan sekaligus memberikan penjelasan singkat (summary)mengenai halaman Web di halaman hasil pencarian (SERP). Sedangkan Meta Tag Keyword digunakan oleh mesin pencari untuk menentukan kata kunci pencarian (keyword search).

Penting untuk diperhatikan dalam cara penggunaan dari 2 jenis meta tag ini adalah sebagai berikut:

- Pilihan kata atau frasa yang akan dipakai dalam Meta Tag Description juga memuat kata kunci (keywords).

- Kata-kata kunci (keywords) tidak diulang-ulang, sebab search engine akan mengkategorikannya sebagai spamming keywords yang berakibat halaman web kita diabaikan dalam penempatan direktori pencarian. Gunakan tanda koma (,) untuk memisahkan tiap kata kunci.

Singkatnya, supaya konten (artikel/tulisan) yang kita buat bisa berada di peringkat pertama halaman hasil pencarian (SERP), optimalkan penggunaan meta tag dalam halaman web. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Salam blogging.[M.I]