Cerita yang terekam

penerobos_lintasan_kereta

AWAS SEPEDA MOTOR. Pengendara sepeda motor menerobos pintu pelintasan kereta api di kawasan Pademangan, Jakarta, Selasa pekan lalu. Aksi nekat ini, selain membahayakan pengendara tersebut, bisa menggangu perjalanan kereta api.

FOTO: ANTARA/DHONI SETIAWAN.


Selembar foto bisa mengungkapkan seribu kata. Begitulah kiranya kekuatan naratif dan informatif yang dimiliki sebuah karya fotografi yang bagus.

Foto yang diambil dengan sudut pandang yang tepat, menangkap momen dramatis secara akurat biasanya akan bercerita sendiri tentang peristiwa yang terekam.

Siapapun yang melihatnya tentu merasa tertarik dan rela menumpahkan perhatiannya demi menuntaskan pemahaman dan menangkap pesan, lalu berupaya menafsirkan apa gerangan persitiwa yang sedang dituturkan objek dalam foto.

Menyadari kekuatan naratif dan informatif dalam sebuah karya fotografi yang mampu berkisah sendiri itu, saya, mungkin juga Anda pasti tertarik. Namun, sebelumnya ada baiknya kita telisik apa saja hal-hal penting yang mesti dipertimbangkan untuk berkreatifitas dalam seni fotografi ini, terutama karya fotografi untuk pemberitaan.

Jika kita memperhatikan karya fotografi di atas, maka akan tampak jelas unsur-unsur penting yang membuat foto tersebut menarik, sebagaimana yang diuraikan di bawah ini:

1. Judul foto ditulis dalam rangkaian kata (frasa atau kalimat pendek) yang langsung membawa pengamatnya ke inti peristiwa - AWAS SEPEDA MOTOR.

2. Deskripsi memaparkan secara langsung (tempat dan waktu tertentu) sehubungan dengan persitiwa  dramatik terekam sebagai objek foto.

"Pengendara sepeda motor menerobos pintu pelintasan kereta api di kawasan Pademangan, Jakarta, Selasa pekan lalu."

3. Kesimpulan dalam penjelasan untuk foto tersebut ditambahkan, hal ini bermaksud untuk menerangkan dampak atau akibat yang bisa terjadi. Biasanya akibat tersebut mengandung pesan peringatan agar peristiwa terekam dalam foto tak terulang ataupun ditiru oleh orang lain.

"Aksi nekat ini, selain membahayakan pengendara tersebut, bisa menggangu perjalanan kereta api."

4. By line, baris pendek yang menerangkan nama fotografer dan di media mana karya fotografinya dimuat.

FOTO: ANTARA/DHONI SETIAWAN.

Demikian artikel singkat tentang karya seni fotografi yang dapat memikat perhatian penikmatnya. Saya berharap semoga bisa bermanfaat. (M.I)


(*) Sumber foto dari Majalah Tempo, EDISI 3-9 JUNI 2013