Variasi Huruf Posting Artikel dengan Tag "font"

Writing hobby is fun!

Kegemaran menulis itu menyenangkan! Siapa yang bisa menyangkal hal ini? Seseorang yang suka menuangkan perasaan dan pikirannya dalam bentuk tulisan, ia pasti merasakan 'kelegaan' tersendiri. Apalagi bila tulisan yang dibuatnya itu menarik.

Nah ini dia! Supaya tulisan yang kita posting tampak menarik, tentu saja mesti berbobot, tampilannya rapi sekaligus unik. Dan, yang terpenting lagi kita sebaiknya juga menguasai dasar-dasar program tertentu yang memfasilitasi kita untuk tujuan tersebut.

Untuk itulah dalam kesempatan ini, saya mau berbagi tips sederhana memanfaatkan tag <font> guna membuat variasi huruf yang akan dipakai dalam artikel postingan, sebagaimana yang diuraikan berikut ini: 

1. Buka dashboard tempat Anda biasa menulis. Pilihlah tampilan HTML, bukan tampilan Visual / Compose.

2. Silakan copy-paste kode di bawah ini :



3. Masukkan teks artikel postingan Anda dengan menggantikan bagian kalimat "Letakkan teks Anda di sini."

4. Anda bisa menggantikan jenis huruf yang akan digunakan dalam artikel postingan dengan memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Untuk jenis huruf, gantikan kata 'verdana' setelah tag 'font face', misalnya dengan jenis huruf lainnya 'Courier New'.
  • Ukuran huruf pun bisa diubah pada bagian 'size'.
  • Warna huruf sesuaikan menurut selera Anda pada bagian 'color'.

Saya sudah membuat contoh dari hasil memanfaatkan kode dengan tag 'font' ini:


Tentang Sastra

Sastra sebenarnya terpikat untuk menyelidiki hal yang khusus, yakni manusia sebagai individu. Sastra cenderung mengilustrasikan bagaimana seorang manusia berupaya menjalani kehidupannya, berinteraksi dengan sesama dan lingkungannya dengan memberdayakan daya gugah bahasa sastrawi agar apa pun yang mengandung manfaat, dapat dijadikan pedoman hidup, bisa diteladani khalayak pembaca karya sastra.


Ringkasnya, sastra tak berupaya menggeneralisasi gejala-gejala yang teramati, lalu menciptakan pengertian konseptual yang berlaku umum sebagaimana yang dilakukan oleh sains.

Jika sains berupaya menyelidiki gejala-gejala yang tampak, melakukan uji coba, dan akhirnya menciptakan kesimpulan umum yang bersifat membatasi suatu entitas di alam semesta, maka sains sangat berbeda dengan sastra yang tak berniat membuat batas-batas pengertian.

Sains melalui serangkaian percobaannya hanya berupaya membuktikan suatu entitas (keberadaan benda apa adanya), misalnya sebuah batu memiliki bentuk, berat dan bila dilemparkan ke udara akan jatuh karena ditarik gravitasi.


Bagaimana pendapat Anda tentang perbedaan sastra dan sains ini?



5. Bilamana tiap paragraf dalam artikel Anda mau mempunyai jenis, ukuran dan warna huruf yang saling berbeda, Anda tinggal menulis tiap paragraf tersebut dengan diawali kode di bawah ini:



Gantikan kalimat "Letakkan teks Anda di sini" dengan paragraf baru Anda yang telah disesuaikan jenis, ukuran dan warna hurufnya.

Demikian tips sederhana mengenai cara memanfaatkan tag 'font' untuk membuat tampilan artikel postingan Anda tampak menarik. Semoga bisa bermanfaat dan menambah kreativitas Anda saat menuangkan gagasan secara tertulis.

Terima kasih karena Anda telah membaca artikel ini dan meluangkan waktunya.