Menulis Posting Berkolom Ala Koran

Belajar bahasa HTML ternyata susah-susah gampang. Susahnya kalau sudah mengedit template BLOG pribadi yang kode-kodenya rada komplit. Mudahnya bahasa HTML juga bisa dipakai untuk menulis posting artikel dengan gaya tertentu.

Misalnya, Anda ingin menuliskan artikel Anda seperti tulisan yang ada di surat kabar berkolom. Ternyata hanya butuh beberapa langkah sederhana untuk melakukannya. Simak langkah teknisnya berikut ini:

1. Sebelumnya Anda telah menyiapkan artikel yang mau diposting tersebut, yang Anda copy-paste di Notepad. Salin (copy-paste langsung) artikel Anda yang sebelumnya mungkin ditulis menggunakan program Words.

2. Buka dashboard dan pilih HTML, jangan yang tampilan Visual.

3. Ketik atau copy-paste dulu kode yang dapat Anda lihat di bawah ini ke dalam Notepad.



4. Letakkan artikel Anda di bagian “teks di kolom kiri” dan sisa bagian teks lainnya yang berada di bagian kanan pada “teks di kolom kanan.

5. Kode yang berbunyi “justify” berarti teks artikel Anda berbentuk “rata kiri-kanan”. Jika mau merubahnya silakan ganti dengan “left” yang berarti teks artikel Anda “rata kiri”.

6. Agar lebih paham, simak keterangan lainnya berikut ini:

  • Kata "cellpadding" berarti jarak antara tepi kolom dengan tulisan

  • Kata "cellspacing" menerangkan sehubungan dengan jarak antara dua kolom

  • Kata "width" merujuk pada pengertian lebar dari masing-masing kolom

  • Kata "align" merujuk pada perataan teks secara horisontal yang digunakan dalam kolom

  • Kata "valign" berarti perataan teks secara vertikal, misalnya dipakai valign="top" ini berarti rata dari atas ke bawah.