Tips Berlibur ke Luar Kota


Memang pergi untuk menikmati liburan ke luar kota dengan menggunakan kendaraan sendiri lebih menyenangkan. Ketimbang menumpang kendaraan umum, tentu lebih nyaman dengan mengendarai mobil sendiri. Apalagi bila semua anggota keluarga turut serta. Waktu tempuh perjalanan bisa dengan mudah ditentukan, dan tentunya biaya bisa diperkirakan dengan cermat.

Agar perjalanan Anda bersama keluarga ke luar kota menuju tempat wisata lebih nyaman, simak tips berikut:

1. Demi kenyamanan berkendaraan, Anda sebaiknya memeriksa kondisi mobil. Ada baiknya Anda membawa mobil yang akan digunakan nanti ke bengkel untuk diperiksa seluruhnya. Hal ini untuk menghindari kerusakan yang dapat terjadi selama Anda menempuh perjalanan ke tujuan wisata.

2. Menjelang keberangkatan, jagalah kesehatan Anda dan anggota keluarga yang akan ikut berlibur ke luar kota. Apalagi bila jarak tempuh ke tujuan wisatanya cukup jauh. Tentu kondisi tubuh yang fit sangat dibutuhkan daripada nantinya mengalami sakit selama perjalanan. Untuk itu perlu sekali istirahat yang cukup mengingat selama menempuh perjalanan biasanya energi cukup terkuras dan dapat melelahkan.

3. Hindari menyantap makanan yang banyak mengandung lemak, terlalu manis atau asam. Ini untuk menghindari agar selama perjalanan nanti Anda tidak merasa mual dan muntah. Jangan lupa 2 – 3 jam sebelum Anda dan keluarga berangkat santaplah makanan yang bergizi supaya selama perjalanan nanti energi tubuh cukup tersedia.

4. Durasi waktu mengemudi selama Anda menempuh perjalanan sebaiknya paling lama 8 jam saja. Ada baiknya beristirahat dulu setelah mengemudi selama 4 jam. Rileks dulu dengan mengendurkan otot-otot yang kaku dengan cara melakukan senam ringan sembari bersantai bersama keluarga.

5. Saat mengemudi usahakan posisi duduk Anda dengan punggung yang tegak namun tetap santai. Ini untuk menghindari agar Anda tak mengalami nyeri pada punggung.

6. Sediakan air minum yang cukup, cemilan yang dapat memberikan tenaga dengan cepat seperti biskuit atau coklat batangan. Supaya tubuh Anda tetap bugar, ada baiknya Anda juga mengkonsumsi buah-buahan. Sebab, buah-buahan tentu banyak mengandung vitamin yang dapat menjaga stamina Anda.

Semoga tips ini bermanfaat, dan Anda beserta keluarga dapat menikmati perjalanan liburan ke luar kota dengan santai mengendarai mobil sendiri.