Mengendurkan Saraf

Otak manusia sebagai pusat pengendali segala macam aktivitas sehari-hari butuh waktu "tidur", istirahat, atau santai agar bisa bekerja lebih baik lagi keesokan harinya.


Di bawah ini terdapat beberapa kiat mengendurkan saraf otak :

1. Tarik napas dalam-dalam, segera simpan dalam perut. Otot bagian leher dan kepala ditegangkan, kemudian dilemaskan kembali. Pada saat melemaskan otot, pikiran harus tenang. Usahakan pikiran dikosongkan ketika melakukannya. Cara ini dapat dikerjakan dengan posisi duduk atau berdiri.

2. Prinsipnya sama seperti di atas. Meditasi dilakukan untuk melepaskan pikiran yang kalut atau kusut. Caranya: bisa duduk di kursi, berbaring di lantai, atau sambil berdiri saja. Tarik napas melalui hidung. Bersamaan dengan dikeluarkannya napas, kendurkan otot-otot, kosongkan pikiran yang kalut, buang jauh-jauh semua problem hidup. 

Bayangkan seolah-olah Anda mengambil tenaga baru waktu menghirup napas, dan ketika membuang napas melalui hidung seperti membuang segala problem yang berat. Lakukan hal itu berulangkali selama 20 menit atau sampai terasa pengaruh kesantaiannya.

3. Latihan atau olahraga dapat menghilangkan stress atau ketegangan pikiran. Umumnya, para olahragawan atau atlet jarang terkena stress berat. Jalan kaki, meski sebentar, bila dilakukan di pagi hari secara rutin, dapat menurunkan kadar gula. Hal itu berarti peredaran darah di seluruh jaringan otot, termasuk otak, berjalan baik. Jangan biasakan tubuh dimanja fasilitas modern yang membuat kita malas bergerak atau olahraga. (Dra. Lilis Suriawati)


(*) Artikel ini bersumber dari Majalah Intisari, No.390, Januari 1996
(**) Ilustrasi dari SINI