Mari Berbagi dengan E-Book

Buku memang jendela ilmu dan informasi. Hobi membaca buku tentu dapat mengembangkan wawasan dan menambah pengetahuan kita. Syukurnya di era cyber seperti sekarang ini, kita dimudahkan untuk mendapatkan buku yang ingin dibaca atau pun sekedar mengoleksi saja. Bagaimana bisa? Tentu bisa karena ini difasilitasi oleh format elektronik book (e-book) yang bisa dibaca melalui perangkat elektronik seperti komputer bahkan beberapa smartphone pun sudah bisa pula dipakai untuk tujuan ini.

Kita bisa dengan mudah mendapatkan pengetahuan dengan fasilitas e-book gratisan mau pun yang berbayar. Tinggal ketik di mesin pencari Google, lalu kita langsung diarahkan menuju situs yang menyediakan e-book yang kita butuhkan. Mudah sekali, bukan?

Elektronik book yang biasanya kita kenal dengan e-book itu ternyata mudah pula pembuatannya. Format e-book itu sendiri biasanya ditulis dalam format Portable Document Format (PDF) agar mudah dibagikan melalui jaringan internet dan dapat dibaca oleh komputer, perangkat elektronik lain yang ter-install program seperti Acrobat Reader atau Foxit Reader.



Manfaatkan situs layanan gratis konversi file untuk pembuatan e-book


Lazimnya program pembaca format PDF tak bisa dipakai langsung untuk menulis e-book. Jadi bagaimana jalan keluarnya? Saya menawarkan kepada Anda solusi untuk ini dengan memanfaatkan layanan gratis mengubah format file online (free online file conversion) yang banyak sekali di internet. Dalam kesempatan ini, saya hanya membahas cara meng-konversi file melalui situs Zamzar.com.


Namun, tentu saja sebelumnya kita harus punya artikel yang ditulis (terserah formatnya semisal diketik dalam format Mic.Words, Plaintext, dan lain sebagainya), selanjutnya kita akan mengubah formatnya ke dalam bentuk PDF khusus untuk e-book. Berikut langkah-langkah teknis meng-konversi file untuk e-book melalui situs Zamzar.com:

1. Unggah (upload) dan pilih (select) file dari komputer Anda yang mau dikonversikan (step 1).

2. Pilih hanya format PDF (step 2).

3. Masukkan alamat e-mail (surel) Anda agar dapat menerima tautan (link) untuk mengunduh file yang telah dikonversikan menjadi format PDF (step 3).

4. Klik ”convert” untuk memulai proses mengubah format file Anda (step 4).

5. Setelah menunggu prosesnya beberapa saat, begitu file Anda selesai dikonversikan segeralah buka e-mail Anda. Lihat e-mail dari situs Zamzar.com dan klik link di bawah pemberitahuan yang mengarahkan Anda ke situs tersebut.

6. Unduh (download) file Anda tersebut.



Manfaatkan situs layanan gratis penyimpanan file




Gambar di atas adalah salah satu layanan gratis penyimpanan file Anda, yakni Ziddu.com. Kapasitas penyimpanan yang diberikan pun lumayan besar hingga 200 MB. Selain itu, bila Anda telah memiliki akun di situs ini, Anda bisa berbagi file dengan orang-orang tertentu atau siapa saja yang membutuhkannya. Demikian pula dengan e-book yang telah Anda buat sebelumnya. Hanya dengan beberapa langkah teknis berikut, Anda bisa berbagi e-book yang bermanfaat.

1. Bila Anda sudah punya akun di situs Ziddu.Com, masuklah ke akun Anda tersebut.

2. Setelah itu unggah (upload) file dari komputer Anda yang mau disimpan.



3. Tunggu beberapa saat proses pengunggahan file Anda. Setelah selesai maka Anda secara otomatis akan diarahkan ke halaman yang menyediakan tautan (link) penyimpanan file.

4. Downloading Link (tautan pengunduhan) yang sudah Anda dapat tadi tinggal disimpan. Atau, silakan sosialisasikan ke teman-teman Anda, akun social media yang Anda miliki, bisa juga di blog pribadi Anda. Hal ini supaya e-book yang mau Anda bagikan tersebut bisa diunduh dengan mudah.

Demikian yang bisa saya paparkan mengenai cara membuat e-book dan menyebarkannya melalui tautan pengunduhan (downloading link). Semoga bermanfaat. (M.I)

───────────────────────────────────────────────────────────────────
(*) Sumber gambar dari : 123  

(**) Unduh PDF