Metallica : Group Band Metal Legendaris

Metallica

Metallica adalah group Band Metal Amerika yang legendaris. Group ini terbentuk di Los Angeles, tepatnya di California pada tahun 1981 di Amerika Serikat. Group ini memiliki formasi dari para personil awalnya yaitu Lars Ulrich pada gitar (rhythm), James Hetfield sang vokalis, dan juga Dave Mustaine pada gitar. Akan tetapi, Mustaine kemudian dikeluarkan disebabkan oleh masalah kecanduan alkohol dan obat-obatan. Mustaine selanjutnya membentuk Megadeth sebagai group band barunya, dan posisinya di Metallica digantikan oleh gitaris Kirk Hammett.

Pemain gitar bass group band metal Amerika ini sering berganti-ganti. Beberapa di antaranya termasuk Ron McGovney, Cliff Burton. Namun, kecelakaan bus yang tragis telah merenggut nyawa Cliff saat band ini tur. Jason Newsted masuk sebagai bassis walaupun kemudian digantikan oleh bassis Robert Trujillo yang bergabung pada tahun 2003 sampai sekarang.

Musik dan lagu yang dirilis oleh Metallica termasuk bertempo cepat, instrumental, dan agresif. Inilah yang membuat group musisi ini menempati posisi sebagai salah satu dari "empat besar" dari sub-jenre aliran thrash metal bersama tiga band lainnya seperti Slayer, Megadeth, dan Anthrax. Penggemar fanatik Metallica sangat banyak, yang awalnya berkembang di komunitas musik underground. Sebuah albumnya yang bertajuk Master of Puppets dirilis pada tahun 1986 merupakankan album yang sangat kental bercorak heavy-metal, yang juga paling berpengaruh. Sukses besar group band dari LA ini diraihnya pada tahun 1991 dengan album terlarisnya yakni The Black Album, menempati posisi pertama pada Billboard 200. Album inilah yang memperluas arah musik yang heavy metal tetapi tetap memasukkan unsur-unsur melodius sehingga mampu menarik perhatian utama para penggemarnya.

Metallica telah merilis sembilan album yang direkam di studio, dan dua album lainnya yakni bernuansa live concert. Adapun video musik yang telah diproduksi oleh group ini berjumlah dua puluh dua rekaman. Selain itu, ada empat puluh empat single hits juga telah dibuat.

Sejumlah penghargaan yang berhasil diraih oleh Metallica di antaranya yakni sembilan Grammy Awards. Group band metal legendaris ini juga memiliki lima album yang debutnya berada di peringkat papan Billboard 200. Tentu saja menciptakan record dimana telah membuat Metallica menjadi satu-satunya group band yang berhasil memposisikan lima albumnya di nomor teratas paling laris secara
berurutan.

Pada tahun 1991 album dari Metallica terjual lebih dari 15 juta
rekaman di Amerika Serikat, dan untuk angka penjualan di seluruh dunia telah mencapai 22 juta rekaman yang juga membuatnya masuk pada posisi 25 album penjualan tertinggi di negara Amerika Serikat. Keseluruhan penjualan album yang diproduksi dari Band ini sekitar 100 juta rekaman di seluruh dunia; ini diperkirakan pada peluncuran album terbaru mereka yakni Death Magnetic


Mantan personil Metallica:

Ron McGovney-bass (1982)
Dave Mustaine - lead guitar backing vokal, (1982-1983)
Cliff Burton - bass, backing vokal (1982-1986)
Jason Newsted - bass, backing vokal (1986-2001).

Personil Metallica Sekarang:

James Hetfield – lead vocals, rhythm guitar (1981– sampai sekarang)
Lars Ulrich – drums, percussion (1981–
sampai sekarang)
Kirk Hammett – lead guitar, backing vocals (1983–
sampai sekarang)
Robert Trujillo – bass, backing vocals (2003–
sampai sekarang).

Anggota Pendiri:

Ron McGovney– bass (1982)
Dave Mustaine – lead guitar, backing vocals (1982–1983)
Cliff Burton – bass, backing vocals (1982–1986)
Jason Newsted – bass, backing vocals (1986–2001).

Berikut ini dua belas lagu dari The Black Album group band Metallica yang terkenal:


Enter Sandman

Nothing Else Matters

The Unforgiven

Sad But True

Wherever I May Roam

Holier Than Thou

The Struggle Within

Of Wolf And Man


Through the Never

The God That Failed

Don't Tread on Me

My Friend of Misery


(*) Artikel musik ini dirangkum dari berbagai sumber.